Senin, 18 Mei 2009

PROMOSI JITU ALA MBAH MO


Sebuah usaha perlu melakukan promosi atau iklan dalam upaya menggaet calon pelanggan menjadi pelanggan yang setia. Namun bagimana caranya jika misalnya anggaran untuk promosi terbatas. Mbah Mo di Bantul, Jawa Tengah mempunyai trik yang sangat jitu dan sangat ampuh. Trik ini membuat para pendekar pendekar marketing, dan motivasi entrepreneur menjadi berdecak kagum.
Mbah Mo adalah penjual bakmi yang mempunyai nama bakmi Mbah Mo, tempatnya cukup jauh dari kota terdekat (Jogjakarta). Namun banyak orang orang datang ke sana dan rela antri selama 2 jam untuk menunggu giliran makan bakmi. Kok bisa ? karena namanya yang terkenal, membuat orang penasaran untuk mencoba. Selain itu orang pasti kelaparan karena perjalanan yang jauh yang harus ditempuhnya menuju ke sana, yah, seperti makan mie instan di puncak gunung, pasti rasanya sedap.
Pertanyaanya, bagaimana cara mbah Mo membuat para pelanggannya berdatangan ?...mbah Mo menggunakan iklan yang lumayan cerdik’! Apa yang dilakukan pertama adalah marketing (promosi) lewat mulutnya sendiri, yaitu dengan menyebarkan rumor tentang bakminya, setiap kali bertemu dengan orang. Misalnya saat dia berpergian ke jogja dengan angkutan umum, mabah mo selalu rajin mengatakan kepada setiap penumpang. “Itu lho” di Bantul, ada bakminya yang enak, namanya bakmi mbah Mo” padahal dia sendiri mbah Mo-nya. Di malam harinya, dia memberikan koin pada keponakan-keponakan untuk menelepon ke radio radio guna mengirim lagu. Kurang lebih kata-katanya “ titip salam buat bakminya mbah Mo yang paling enak sedunia, lagunya kopi dangdut…kedua langkah cerdik tersebut mampu membuat bakmi mbah Mo laris manis bak kacang goreng di musim hujan.
Nah disini kita dapat mengeluarkan ide-ide lain untuk mempopulerkan usaha kita dengan murah :
1. Masuk ke milis-milis dan sering-seringlah merespon email dari peserta milis lainya, atau bahkan buat suatu isu yang membuat mereka selau ingat kepada kita. Seperti yang dilakukan artis-artis dengan gosipnya.
2. Membuat berita tentang usaha anda di Koran juga suatu iklan yang efektif. Orang punya kecendrungan melewatkan iklan tapi tidak dengan berita-berita.
3. Sering-seringlah pergi ke tempat pertemuan dan seminar,. Namun jangan lupa, siapkan pertanyaan bermutu dan perkenalkan diri anda saat bertanya.
4. saaat sms ke teman-teman, diakhiri dengan nama usaha anda.
5. pakai atribut-atribut yang menunjukkan usaha kita, seperti kaus, topi, jaket dll.
GO to Marketing PRODUCT